Capaian Pembelajaran dan Rencana Pembelajaran

Sesuai dengan arahan dalam Buku Pedoman Pendidikan Fakultas Sains dan Teknologi tahun 2020, perumusan kurikulum didasarkan pada sejumlah pertimbangan melalui analisis lingkungan baik eksternal maupun internal dengan pendekatan SWOT analysis pada Renstra Program Studi Magister Informatika Tahun 2020.

Berdasarkan pada Model Penyusunan Kurikulum di bawah dan mengacu pada konsep KKNI, maka Program Studi Magister Informatika menetapkan capaian pembelajaran lulusan Program Studi Magister Informatika, yaitu:

  1. Aspek Sikap dan Tata Nilai: Lulusan harus memiliki Sikap dan tata nilai sebagai ilmuwan dan praktisi di bidangnya.
  2. Aspek Penguasaan Pengetahuan atau keilmuan: Lulusan harus menguasai konsep teoritis bidang informatika secara umum dan konsep teoritis bagian khusus sesuai dengan peminatan secara mendalam, serta mampu memformasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Aspek Penguasaan Ketrampilan Kerja: Lulusan harus mampu mengaplikasikan bidang informatika dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni sesuai dengan peminatan pada magister informatika dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  4. Aspek Penguasaan Manajerial; Wewenang dan Tanggungjawab: Lulusan harus mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagaim alternatif solusi secara mandiri dan kelompok; Lulusan harus bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
Profil Lulusan Parameter CP Kode CP Capaian Pembelajaran
Semua Profil Lulusan Sikap C1.1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
C1.2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
C1.3 Dapat berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
C1.4 Dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila;
C1.5 Dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
C1.6 Dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
C1.7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
C1.8 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
C1.9 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
C1.10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
C1.11 Mampu berpikir kreatif dan inovatif
C1.12 Memiliki sikap kritis dan selalu konsisten dalam memecahkan masalah berdasarkan kaidah ilmiah
Pengetahuan C2.1 Menguasai fundamen keilmuan informatika
C2.2 Memiliki pengetahuan dan pemahaman terkait permasalahan sains dan teknologi dalam bidang informatika
C2.3 Menguasai pendekatan inter atau multidisipliner dalam memecahkan permasalahan pengetahuan dan teknologi di bidang informatika
C2.4 Menguasai konsep dalam mengembangkan pengetahuan dalam bidang informatika melalui riset untuk menghasilkan karya ilmiah yang inovatif dan efisien
C2.5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di keahliannya di berdasarkan hasil analisis informasi dan data
C2.6 Mampu mengembangkan konsep atau teori baru dalam bidang informatika yang terpublikasi melalui jurnal terakreditasi nasional dan diakui internasional.
Keterampilan Umum C3.1 Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapa tkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara;
C3.2 Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
C3.3 Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
C3.4 Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan me lalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
C3.5 Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
C3.6 Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
C3.7 Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
C3.8 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
C3.9 Mampu membuat perencanaan, perorganisasian dan pengendalian organisasi baik organisasi swasta atau publik.
Manajer di bidang Informatika Keterampilan Khusus C4.1 Mampu mengelola bagian dari industri bisnis berdasarkan pada prinsip informatika
C4.2 Memiliki leadership
Konsultan di Organisasi Teknologi Informasi C5.1 Mampu mengidentifikasi berbagai masalah dari industri bisnis dan menemukan solusi serta mengambil keputusan-keputusan secara efektif.
C5.2 Memiliki kemampuan berkomunikasi dan menyampaikan ide-ide secara jelas dan terstruktur.
Peneliti pemula di bidang Informatika C6.1 Mampu melakukan penelitian di bidang informatika sesuai kaidah kelimuan dan mampu mengkomunikasikan hasilnya
C6.2 Memiliki kepekaan terhadap masalah informatika
Wirausahawan Mandiri C7.1 Mampu merumuskan gagasan dan memformulasikan dalam rancangan bisnis informatika yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat berdasarkan analisis dan kepekaan menangkap peluang bisnis informatika.
C7.2 Mampu melaksanakan kegiatan fungsi-fungsi bisnis informatika sebagai realisasi gagasan bisnis yang memanfaatkan sumberdaya bisnis secara efektif dan efisien.
Semua Profil Lulusan Manajerial C8.1 Mampu mengambil keputusan secara profesional berdasarkan keilmuan bidang informatika;
C8.2 Mampu memotivasi dan menggerakan pihak2 yang terlibat dalam bisnis
C8.3 Memiliki etika dan tanggung jawab profesi di bidang informatika
C8.4 Mampu berkomunikasi secara efektif baik kepada sesama kolega, atasan, maupun bawahan;
C8.5 Mampu menunjukkan karakter sebagai seorang pemimpin;
C8.6 Mampu bekerjasama dalam tim.

PEMETAAN BAHAN KAJIAN

Dalam mendukung capaian pembelajaran, dasar bahan kajian adalah berdasarkan dari ACM/IEEE-CS Computer Science Curricula 2013 dalam mendefinisikan knowledge area, dari 18 knowledge area pada Computer Science Curricula 2013, magister informatika mengambil 8 bahan kajian sebagai berikut :

  1. Fundamen Software Development
  2. Rekayasa Perangkat Lunak
  3. Manajemen Informasi
  4. Pemodelan Sistem
  5. Jaringan dan Keamanan Informasi
  6. Sistem Cerdas
  7. Pemrosesan Data
  8. Logika dan Analisa Algoritma

Untuk mendukung capaian pembelajaran sesuai dengan Visi Misi Universitas dan Fakultas maka menambahkan bahan kajian Integrasi sains dan Islam, sehingga target capaian pembelajaran pada program studi magister Informatika berdasarkan bahan kajian adalah seperti tabel berikut :

No Kode Bahan Kajian Bahan Kajian
1 BK.01 Fundamen Software Development
2 BK.02 Rekayasa Perangkat Lunak
3 BK.03 Manajemen Informasi
4 BK.04 Pemodelan Sistem
5 BK.05 Jaringan dan Keamanan Informasi
6 BK.06 Sistem Cerdas
7 BK.07 Pemrosesan Data
8 BK.08 Logika dan Analisa Algoritma
9 BK.09 Integrasi sains dan Islam

Hubungan antara Capaian pembelajaran dan bahan kajian dinilai dari keterkaitan bahan kajian dengan capaian pembelajaran. nilai keterkaitan antara bahan kajian dan capaian pembelajaran ditandai dengan tanda X pada matrik hubungan antara capaian pembelajaran dan bahan kajian sebagai berikut berikut:

Kode CP Capaian Pembelajaran Kode Bahan Kajian
BK.01 BK.02 BK.03 BK.04 BK.05 BK.06 BK.07 BK.08 BK.09
C1.1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius X X X X X X X X X
C1.2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; X X X X X X X X
C1.3 Dapat berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; X X
C1.4 Dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila; X X X X X X X X X
C1.5 Dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; X X
C1.6 Dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; X X X X X X
C1.7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; X X X X X X
C1.8 Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; X X X X X
C1.9 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik X X X X X X X X X
C1.10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. X X X X X X
C1.11 Mampu berpikir kreatif dan inovatif X X X X X X X X
C1.12 Memiliki sikap kritis dan selalu konsisten dalam memecahkan masalah berdasarkan kaidah ilmiah X X X
C2.1 Menguasai fundamen keilmuan informatika X X X X X X X X
C2.2 Memiliki pengetahuan dan pemahaman terkait permasalahan sains dan teknologi dalam bidang informatika X X X
C2.3 Menguasai pendekatan inter atau multidisipliner dalam memecahkan permasalahan pengetahuan dan teknologi di bidang informatika X X X
C2.4 Menguasai konsep dalam mengembangkan pengetahuan dalam bidang informatika melalui riset untuk menghasilkan karya ilmiah yang inovatif dan efisien X X X X X X
C2.5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di keahliannya di berdasarkan hasil analisis informasi dan data; X X X X X X X
C2.6 Mampu mengembangkan konsep atau teori baru dalam bidang informatika yang terpublikasi melalui jurnal terakreditasi nasional dan diakui internasional. X X X X X X
C3.1 Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapa tkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara; X X X X X X X X X
C3.2 Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya; X X X X X X X
C3.3 Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; X X X X X X X X X
C3.4 Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; X X X X X X
C3.5 Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; X X X X X X
C3.6 Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; X X X X X X
C3.7 Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; X X X X X X X X X
C3.8 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. X X X X X X
C3.9 Mampu membuat perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian organisasi baik organisasi swasta atau publik. X X X X X X
C4.1 Mampu mengelola bagian dari industri bisnis berdasarkan pada prinsip informatika X X X X X X
C4.2 Memiliki kemampuan leadership X X X X X X X X X
C5.1 Mampu mengidentifikasi berbagai masalah dari industri bisnis dan menemukan solusi serta mengambil keputusan-keputusan secara efektif. X X X X X X
C5.2 Memiliki kemampuan berkomunikasi dan menyampaikan ide-ide secara jelas dan terstruktur. X X X X X X
C6.1 Mampu melakukan penelitian di bidang informatika sesuai kaidah kelimuan dan mampu mengkomunikasikan hasilnya X X X X X
C6.2 Memiliki kepekaan terhadap masalah informatika X
C7.1 Mampu merumuskan gagasan dan memformulasikan dalam rancangan bisnis informatika yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat berdasarkan analisis dan kepekaan menangkap peluang bisnis informatika. X X X X X X
C7.2 Mampu melaksanakan kegiatan fungsi-fungsi bisnis informatika sebagai realisasi gagasan bisnis yang memanfaatkan sumberdaya bisnis secara efektif dan efisien. X X X X X X
C8.1 Mampu mengambil keputusan secara profesional berdasarkan keilmuan bidang informatika; X X X X X X
C8.2 Mampu memotivasi dan menggerakan pihak-pihak yang terlibat dalam bisnis X
C8.3 Memiliki etika dan tanggung jawab profesi di bidang informatika X X X X X X X X X
C8.4 Mampu berkomunikasi secara efektif baik kepada sesama kolega, atasan, maupun bawahan; X X X X X X X X X
C8.5 Mampu menunjukkan karakter sebagai seorang pemimpin; X X X
C8.6 Mampu bekerjasama dalam tim. X X X X X X X X X